Sabtu, 27 Juli 2024, WIB
Breaking News

Rabu, 28 Feb 2024, 18:35:59 WIB, 126 View Administrator, Kategori : Berita Umum

MAMUJU, REFERENSIMEDIA.COM — Menghadapi ancaman hidrometeorologi basah di wilayah Sulbar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar telah meningkatkan kesiapsiagaan dan pencegahan bencana dengan membentuk tim tanggap bencana.

BPBD Sulbar meningkatkan kesiapsiagaan sebagai upaya mengantisipasi dan meminimalisir perubahan anomali cuaca yang beresiko rentan terhadap ancaman Hidrometeorologi Basah.

Kepala BPBD Sulbar Amir Maricar mengatakan BPBD telah membentuk tim tanggap bencana dengan membagi regu jaga posko TRC BPBD Sulbar dengan membagi empat regu dengan jumlah setiap regu delapan orang. Masing-masing regu akan berjaga selama delapan jam.

“Dalam upaya mengantisipasi terjadinya bencana alam akibat perubahan cuaca (pancaroba), Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan telah mengeluarkan Instruksi tentang kesiapsiagaan dan pencegahan ancaman bencana hidometeorologi basah dan BPBD Sulbar menindak lanjuti Instruksi tersebut dengan membentuk posko beserta pembentukan regu jaganya dan memastikan peralatan Early Warning System (EWS) berfungsi dengan baik,” kata Amir Maricar.

Ia menambahkan, dengan meningkatkannya intensitas hujan di wilayah Sulbar maka perlu dilakukan atensi secara serius. Guna mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi basah seperti banjir dan tanah longsor di wilayah Sulbar.

“Menghadapi potensi tersebut, BNPB meminta masyarakat di wilayah Sulbar dan sekitarnya agar meningkatkan kewaspadaan,” tutupnya. (mk)



Peringatan Dini Cuaca dan Iklim Dasarian 3 Akhir Juli 2024
Rabu, 24 Jul 2024, 07:46:13 WIB, Dibaca : 106 Kali
Peringatan Dini Cuaca Bulan Juli 2024
Selasa, 16 Jul 2024, 18:53:02 WIB, Dibaca : 163 Kali
TRC BPBD Sulbar Evakuasi Peserta Loma Dayung asal Tenggarong pada Kejurnas Dayung di Mamuju
Kamis, 27 Jun 2024, 07:26:16 WIB, Dibaca : 26 Kali

Tuliskan Komentar